Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar
Candra Sinaga, Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar bergerak di bidang jasa kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengukuran kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard pada Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar. Manfaat penelitian adalah memberikan masukan bagi perusahaan tentang pengukuran kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard.rnPopulasi penelitian adalah jumlah pasien lama, jumlah pasien baru dan cycle effectiveness process pada Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar sejak berdiri tahun 1972 sampai tahun 2009. Sampel penelitian diambil tahun 2006-2008. Teknik pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.rnDari hasil penelitian diketahui bahwa dengan pengukuran metode tradisional Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar kinerja tahun 2008 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2007. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan metode balanced scorecard kinerja rumah sakit sudah baik ini bisa dilihat dari ketiga prespektif yakni prespektif pelanggan, prespektif bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dan hanya satu perspektif yang tidak baik yakni perspektif keuangan. Dengan demikian disarankan kepada pihak Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar untuk menggunakan balanced scorecard agar dapat menuntun rumah sakit ke arah masa depan dengan keempat perspektif yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
040120073 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain