Text
Etika dan bisnis : suatu refleksi-filosofis-etis tentang bisnis
Abstrak : rnrnTujuan utama karya ini ialah menggugah kesadaran etis bagi dunia bisnis, ditengah tendensi bahwa kegiatan bisnis tidak perlu dijiwai oleh pertimbangan-pertimbnangan etis dan moral. Tetapi terhadap kecenderungan yang demikian , kita harus pula melihat sisi lain dari fenomena-fenomena yang mulai berkembang dalam kegiatan-kegiatan bisnis. Misalnya ada pandangan bahwa keberhasilan suatu bisnis tidak dapat diidentikkan dengan keuntungan yang hanya bersifat material, kalau bisnis itu mau mekar dan bertahan dalam jangka panjang. Pemikiran yang demikian tidak hanya muncul dari bisnis-bisnis kecil tetapi terutama di tingkat perusahaan yang transnasional ruang geraknya. Lagi pula, kegiatan bisnis sebagai kegiatan yang hampir melibatkan semua umat manusia, harus ditempatkan pada konteks sosial pada umumnya. Dalam konteks itu bisnis tidak hanya terbatas pada faktor keuntungan yang bersifat material peranannya, melainkan fungsinya yang cukup sentral, yaitu memberikan sumbangan besar bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu masyarakat. Itu berarti bahwa bisnis harus dijalankan sesuai prinsip-prinsip etika dan moral agar fungsi tersebut diwujudkan secara memadai.
MEDIA Unika I III 7 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain